Published
March 03, 2021
IDA Research 2021 - Persepsi User Terhadap Iklan Online

IDA Research 2021 - Persepsi User Terhadap Iklan Online

Semakin berkembangnya dunia teknologi serta kecenderungan masyarakat atau konsumen yang memilih segala hal yang bersifat simpel dan berbasis digital, menjadi dasar dari penelitian yang IDA (Indonesian Digital Association) lakukan dimana di penelitian ini akan difokuskan untuk memahami perilaku dan persepsi user terhadap iklan online di media publisher indonesia.

Saat ini media online dapat dikatakan semakin dekat dengan kehidupan masyarakat, terutama publisher berita di Indonesia. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, telah mendorong industri media menyajikan konten dengan sangat cepat serta layout yang menarik untuk membuat pembaca nyaman dalam mengkonsumsi berita sebagai sumber informasi. Dengan adanya konten yang sudah dibuat oleh para publisher di Indonesia, tentunya melandasi advertiser untuk dapat beriklan di media tersebut.

Seiring berjalannya waktu, banyak dari advertiser yang menampilkan iklan dengan materi kreatif yang beraneka ragam. Bahkan terkadang dari sisi publisher harus mengoptimalkan berbagai slot yang ada untuk dapat memenuhi kebutuhan semua advertiser yang memasang iklan. Untuk itu dari sisi performa, media publisher dan advertiser saling berbagi memberikan saran berupa data dan insight untuk setiap iklan yang berjalan. Namun setelah iklan tersebut selesai tayang, hasil yang terjadi saat iklan yang dipasang oleh advertiser tersebut terkadang kurang maksimal. Hal tersebut yang menjadikan adanya perdebatan antara media publisher dan advertiser terkait posisi slot iklan yang kurang maksimal atau materi kreatif yang ditayangkan kurang menarik.

Untuk memvalidasi hal tersebut, kami bekerjasama dengan beberapa publisher terbesar dan ternama untuk menjalankan penelitian. Riset ini bertujuan agar publisher dan advertiser mengerti sudut pandang serta persepsi users terhadap materi iklan yang ditampilkan di publisher, serta meningkatkan dan mengoptimalkan sinergi antara publisher dan advertiser.

Seiring dengan berkembangnya strategi penyajian iklan, materi iklan serta pemasaran, media publisher dan advertiser juga harus beradaptasi bersamanya. Waktu yang tidak pasti mewakili peluang baru yang membutuhkan pembelajaran baru, refleksi yang lebih dalam, dan inspirasi yang lebih besar. Kami berharap laporan ini dapat menjadi kesempatan bagi kami untuk melihat ke belakang dan membantu mentransformasi digitalisasi industri Anda bersama-sama.

Download now for free!

    Data collected will only be used for documentation by IDA and will not be used or distributed for any other reasons.