Insight

5 Publisher Group Kokoh Tempati Posisi Teratas Rank Publisher Group Jelang Kuartal I 2023

Jelang kuartal pertama tahun 2023 Indonesian Digital Association (IDA) bersama dengan Similarweb kembali merilis data Rank Publisher Group Leaderboard untuk Februari 2023 sebagai indikator performa publisher group dalam industri digital.

Dalam data tersebut, lima perusahaan media besar masih bertengger di posisi tertinggi dalam Publisher Group Leaderboard. Berikut adalah posisi Rank Publisher Group Leaderboard di Indonesia berdasarkan Traffic & Engagement Over Time – Total Page Views periode Februari 2023:

  1. KG Media
  2. Detik Network
  3. Kapanlagi Youniverse
  4. MNC Portal Media
  5. Pikiran Rakyat Media Network

Namun, hal menarik terjadi di peringkat 6-15 di mana Dynamo Media Networks dan Tempo Media Groups menunjukkan peningkatan performa dengan memperbaiki posisinya dibanding bulan lalu. 

Dynamo Media Groups naik dua peringkat ke posisi tujuh setelah sebelumnya pada Januari lalu berada di urutan ke sembilan. Tempo Media Group juga menorehkan hal sama dengan naik satu tingkat dari sebelumnya berada di urutan 13 kini naik menjadi urutan 12 per Februari 2023.

Sebagai informasi Similarweb merupakan perusahaan teknologi global yang menyediakan analisis data dan informasi peringkat lalu lintas web. Peringkat tersebut didasarkan pada data yang diambil dari sumber-sumber tepercaya dan akurat, dan memberikan gambaran yang jelas tentang kinerja setiap publisher group dalam industri digital advertising.

Sebagai catatan data tersebut hanya mencakup halaman web yang diukur oleh Similarweb dan tidak mencakup aplikasi seluler. Data Rank Publisher Group Leaderboard ini diharapkan akan menjadi informasi penting bagi industri media di Indonesia, khususnya dalam hal pengukuran kinerja situs web mereka. 

Bagi publisher data yang disajikan diharapkan dapat menjadi acuan dalam memahami peringkat mereka di pasar dan memperbaiki kinerja mereka untuk menargetkan hasil lebih baik. 

Sedangkan bagi advertiser data ini bisa menjadi gambaran performa dari setiap publisher group, advertiser, dan publisher, baik untuk memperkirakan potensi pendapatan, melacak tren pasar, dan membuat keputusan dan memilih partner bisnis yang paling cocok untuk kebutuhan mereka. 

Author

Indonesian Digital Association