Event

Supermom Luncurkan Project 1MPACT: Pelatihan Digital Gratis untuk Jutaan Ibu di Indonesia

Supermom, platform parenting terbesar di Asia Tenggara, memperkenalkan Project 1MPACT, program pelatihan keterampilan digital gratis yang menargetkan satu juta ibu di Indonesia. Program ini sudah dimulai sejak 3 Juli 2024 dan berlangsung hingga Desember 2025, bertujuan memberdayakan ibu-ibu agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui keterampilan digital.

Topik Pelatihan dan Kesempatan Berpenghasilan

Melalui Project 1MPACT, para peserta akan mempelajari berbagai keterampilan digital, seperti menjadi Content Creator, Affiliate Seller, Product Reviewer, hingga Panel Survey. Setelah menyelesaikan pelatihan, para ibu akan mendapatkan kesempatan mengikuti kampanye merek dan bekerja sama dengan berbagai brand yang terlibat.

Dukungan Pemerintah dan Mitra Strategis

Program ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta beberapa mitra, seperti Lazada, Zurich, dan Bank Mandiri. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menegaskan bahwa inisiatif ini sejalan dengan target pemerintah untuk mencetak 9 juta talenta digital pada 2030.

Peran Penting Ibu dalam Ekonomi Digital

Country Director Supermom Indonesia, Hellen Katherina, menyebutkan bahwa rendahnya literasi digital di kalangan ibu menjadi motivasi utama inisiatif ini. “Kami ingin memastikan ibu-ibu di Indonesia dapat ikut merasakan manfaat ekonomi digital dan meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka,” ujar Hellen.

Sementara itu, Ketua Umum Indonesian Digital Association (IDA), Dian Gemiano mengungkapkan bahwa, “Salah satu faktor penentu pertumbuhan industri digital Indonesia adalah ketika populasi Indonesia semakin melek digital. Pentingnya peranan Ibu dalam keluarga mempengaruhi pembuatan keputusan dimulai dari pola pendidikan, konsumsi, termasuk pemanfaatan media digital. Maka pemahaman seorang Ibu terhadap media digital secara langsung akan berpengaruh terhadap pertumbuhan industri ini.”

Dukungan Brand Besar dan Mentor Ibu (Mombassador)

Untuk menjalankan Project 1MPACT, Supermom bekerja sama dengan berbagai brand besar, termasuk PT Zurich Topas Life dan Lazada. Para ibu yang telah dilatih akan berkesempatan menjadi affiliator produk-produk mereka. Selain itu, program ini juga didukung oleh para ‘Mombassador‘ Supermom yang bertindak sebagai mentor dan membimbing peserta dalam belajar keterampilan digital.

Cinta Marezi dan Intan Mustika, dua Mombassador Supermom, menyatakan bahwa program ini sangat membantu ibu-ibu yang ingin memulai perjalanan digital mereka. “Project 1MPACT menciptakan komunitas ibu yang suportif, sekaligus memberikan peluang bagi para ibu untuk berpenghasilan dari dunia digital,” ungkap Intan.

Project 1MPACT menjadi langkah nyata Supermom dalam mendukung para ibu di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam ekonomi digital. Dengan dukungan dari pemerintah dan berbagai brand besar, Supermom berharap dapat mewujudkan target satu juta ibu yang berdaya dan berpenghasilan dari dunia digital pada akhir program ini.

Author

Indonesian Digital Association